Monday, December 03, 2007

maksa masak-masak maksa 4



hari minggu pagi
jam 8
rada mendung...

aku kepasar
nyari tempe ( yg wajib hadir dalam setiap masakan)
sambil nyari2 apa yg bisa dimasak lagi...
( niat bikin tumisan buncis + wortel + kentang masak pake santan) itu namanya apa ???
nemu sich...
tp g jd krna aku ada rencana mo pergi ke tempat naia.....
(pacarku, halah...., bukan :(( anak sepupuku di pasar minggu, umurnya baru 2 tahun... lagi lucu2nya)
ada adiknya juga lho...., namanya farel... lucu banget.... :)
( lho kok jadi ngomongin ponakan2 aku yg lucu banget itu, ntar dech aku buat post sendiri )

balik ke maksa masak maksa
aku lewat tukang jual pisang...
ada pisang raja yg menggoda....
jadi kepingin beli....:P
aku sms ibuku dulu....
buat pisang goreng pake tepung apa ? ( soalnya dirumah masih ada tepung terigu)
bahannya apa aja ???

lama juga, dpt balesannya...
akhirnya aku beli aja pisang itu dgn harga Rp 8000, (mahal ga sich???

aku orangnya ga suka and ga pandai nawar...
dia sebut harganya berapa ?
lalu aku sebut harga yg menurutku pantas....
habis itu, deal or no deal dech...
mau, aku ambil, ga?? ya udah )
)

dpt balesan sms dr nyokap...
tp rada telat aku dah balik krumah
katanya tepung nya sama aja ( prefer to gandum , tepung gandum ama terigu sama ga sich ??? )
pake kapur sirih...
pk garam
pk gula
tp jangan banyak2, gula = glukosa terdiri dari carbon, jadi klo dioksidasi ( dibakar/dimasak) akan balik jadi carbon
( siapa bilang masak ga perlu ngerti kimia ??? )
( hentikan van, hentikan seblum km cerita ttg garam yg NaCl dah menjelaskan knp minyak meletup2 klo kna air garam ) :P
hahahahhahaaaaaa
airnya yg dingin.... ( blom tau knp ini ??? knp ga pk yg pnas? biar cepat larut???)
( beruntung dispenserku ada dinginnya juga, jad ga masalah ??? :P )



masalahnya aku dah sampe ke rumah
dan ga ada kapur sirih dirumah
( ya eyalah....... aku tinggal sendiri.... siapa yg mo nyirih ???:P )
pergi ke warung depan gang ?? eh, malah ga tau kapur sirih ????
( gimana sich bu??? masa ga tau kapur sirih??? aku aja tau, ( baru tau juga sich :P ))
sudahlah...
gpp.. ga pake itu jga gpp ( mudah2an :P )


nah mulai kerja di dapur...
pertama2 bkin adonannya dulu...
( pk air dingin..., mulai tau knp nya sich, tp ttp ga ngerti :P )
adonan jadi...
skrg potong2 pisangnya...
rada ribet juga sich..
soalnya aku motongnya model pisang goreng kipas gitu...
( pontianak style, aku kn orang pontianak, remember ??? )

kupas pisang
iris tipis2, tp jgn sampe putus diujungnya...
habis itu kembangkan dech pisangnya...
gitu aja kok
( gitu aja ?? yg kmarin sambil kringatan motong 9 pisang siapa ??? hehehe, namanya jg pertama kali :P )

dah jadi
sekarang masaknya...
nah ini yg kudu rada mikir
rada ribet soalnya,
pisangnya blom masuk adonan,
dan ga bisa masuk semuanya sekaligus
dan tanganku cuma dua
jadi.....

gini prosesnya...
(pertama aku siapin tmpat cuci tangan dulu )
aku masukin pisang ke adonan ( tanganku belepotan kn)
aduk-aduk (ok, minyaknya dah panas )
masukin pisangnya ke wajan( teflon kebanggaan ku maksudku )
masukin 3
habis itu aku masukin 3 pisang lgi ke adonan...
(pisang yg diwajan perlu dibalik )
aku cuci tangan, ambil penggorengan, balik pisangnya....
(ribet lagi, mungkin karena pk tepung terigu dan ga pake kapur sirih pisangnya jadi lengket2, jadi agak lama)
ok, udah kebalik, aku ngaduk2 pisang di adonan lagi....(tangan belopotan lagi)
pisang gelombang 1 matang....
cuci tangan, ambil penggorengan, angkat pisangnya, tiriskan...
dah
ok
sekarang gelombang 2 masukin ke minyak,
masukin gelombang 3 ke adonan
aduk dikit( tp ga selesai, karena gelombang 2 perlu dbalik)
cuci tangan, ambil penggorengan, balik pisangnya
gitu terus sampe gelombang ke 3.


hehehehe
aku tau ada yg salah,
ada yg ga efektif, tapi dimana ya???
masa kudu s1 manajemen industri sich hanya untuk goreng pisang ???
hehehe biarlah...

anyway
hasilnya lumayan kok, nich :



pas hari hujan,
bikin teh panas....
sambil nonton tv ( kartun)
baca koran (cari2 lowongan:P )
sambil ngemil pisang goreng buatan sendiri
nikmatnya.....








nah,
undangan lagi untuk para calon istri....
kayaknya bikin pisang goreng perlu dua orang dech...
:)
mau bantuin ??











wow ?? what a long post just for a goreng pisang

No comments: