Wednesday, December 26, 2007

maksa masak-masak maksa 5



duh ternyata udah 2 minggu aku ga posting ttg masak2 lagi....
padahal 2 minggu ini aku masak lho... ( lalu knp ??? :P )

hehehe....
foto2nya dah kuupload juga ke komputer....
cuma lagi agak malas + sibuk aja untuk ngeblog.....
maafkaaaaan............ :(

ada beberapa kali aku masak
aku rangkum aja jadi satu ya ???



pertama
aku pengen masak sayur2 yg pake santan....
( dan mumpung masih ada 1 kotak kara di kotak persediaan bahan makanan ( blum punya kulkas )
jadi belanja....
beli kentang 2 buah (yg gede), wortel 2 buah ( yg gede juga), buncis ( secukupnya ) + tomat 1 ( yg gede )
+ bumbu kunyit yg udah di blender ( habis2 cuma 5rb sich)
(tapi pada akhirnya aku sadari klo semua itu berlebihan...)
proses masaknya sendiri g ada istimewa,
bersih-bersih, potong-potong...++
( dan aku sadari aku harus belajar memotong yg simetris dan sebangung )

lalu cuma perlu ngurutin pencampuan bahan berdasarkan kecepatan matang bahan...( yg notabene, sama aja:P )
santan dulu ...( sampe mendidih, soalnya klo dicampur bahan lain lagi, mol nya akan naik, dan titik didihnya akan naik juga=> masak lebih lama=> more fuel )
+ kunyit + garam ( klo santannya dah mendidih, bahan2 ini lebih mudah larut kan ??? )
habis itu masukin kentang...
wortel
lalu buncis...
aduk-aduk....
tunggu sampe matang...
jadi... ( g ada yg istimewa dalam memasaknya sich..., kecuali un-cook-related things that happends :(( )







masakan ini memberi pelajaran lagi tentang "PENAKARAN"
selama ini aku berusaha menakar semua bahan dengan 1 takaran
.....secukupnya....
tapi masih gagal juga aku dalam mengatakan cukup

2 kentang + 2 wortel yg ku masak dan ku campurkan tertanya kebayakan di banding dengan buncis yang ada...
( sebenernya 1-1 aja cukup :( )
kunyit Rp 1000 dan wortel yg kubeli juga kebanyakan...
aku masukan ke plastik kedap udara ( apa g ya ?? ), yg pake zip gitu dech pokoknya





lalu aku biarkan... ( ya iyalah..., aku kan masaknya cuma sabtu minggu aja... )
tapi ini jadi bukti dari percobaan Omni vivum ex ovo, omni ovum ex vivo :P
seletah beberapa hari tomat dan kunyit yg aku tutup rapat itu akhirnya berjamur...
darimana jamurnya hayoooo????
kan udah didalam plastik kedap udara...???
yg jelas tomat dan kunyit itu a kind of nutritions juga kan ???
:)
mungkin pada saat tomat dan kunyit itu ter-exposure ama udara bebas...
spora2 jamurnya datang...
:)

halah.....
dari masak2 kok jadi percobaan kimia ama biologi sich????


ah udah dech....
sekian dulu acara cerita masak2 maksa ini...
:)


see you later...
cook smart




No comments: