Tuesday, December 11, 2007

masak-masak

hehehe

judulnya ga pake maksa-maksa an
soalnya minggu ini aku emg kagak masak
minggu ini aku ke bandung untuk menemui seseorang di suatu acara pernikahan
maafkan bukan acara pernikahannya yg utama
tapi ketemu dia
walopun ternyata aku datangnya telat
aku datang dianya sudah pulang...

tpi gpp lah...
mungkin nanti bisa ketemu lagi
dan semoga bukan di pernikahanNYA
dan semoga ketemu di pernikahan KAMI :P

dah ach...
mudah banget distracted ama hal lain... ( my bad )

ini sebenernya pemikiran aku minggu lalu
ga seperti biasanya aku masaknya hari rabu
gara-gara aku harus mengolah pisang yg tersisa dari acara masak2 pisang goreng
karena sifat malasku...
aku mendaftarkan semua resep termudah dalam mengolah pisang raja seperti itu
dan setelah dirunut
akhirnya aku memutuskan untuk mbuat setup ( bukan set up, tapi setup aja biasa)
untuk yg blom tau, itu cuma rebusan pisang aja kok :P
( kan dah kubilang, pilihan atas dasar sifat malasku :P )

tapi.........
yg perlu dipikirkan adalah gimana agar supaya (halah)
getah dari pisang yg terebus itu tidak larut dalam airnya
sehingga membuat airnya menjadi kelat....
kata ibuku.... dan juga abangku.....
( abangku lebih jago masak loh dari aku, aku cuma bisa masak, dia jago masak)
tipsnya adalah diberi cengkeh ama kayu manis,
katanya nanti cengkeh itu yg akan menyerap getah dari pisang2 itu...
( katanya sich,
sulit aku buktikan karena kemarin aku punya cengkehnya sedikit banget...
apa ada pngaruhnya aku ga tau )


tapi yg jelas,
masak itu bukan suatu hal sepele
masak itu bisa dibilang ilmu dan juga seni,
(hmmmmm, apa perlu mbuka teknik memasak di itebe ya ??? :P )


perlu ilmu kimia kan supaya tau reaksi-reaksi yg mungkin terjadi antar bahan-bahan yang ada titik didih, titik beku, dan lain2 dech :P
perlu manajemen proses kalo masak dihadapkan dengan banyak limitasi alat-alat, bahan, dan waktu.
perlu ilmu gizi supaya yg kita masak ga jadi racun, yaeyalah :P
ilmu ekonomi supaya bisa mbuat dana minim tapi makanan gizi tetap tidak kurang
ilmu meteorologi supaya tau, supaya masakan bisa disesuaikan dengan cuaca diluar,
klo lagi musim duren, tau cara ngolahnya, klo lagi musim hujan, tau masakan2 yg menghangatkan :D
ilmu metrologi supaya tau ngukur dan menakar bahannya bisa pas
( selama ini aku cuma pake feeling, semua dengan takaran "secukupnya" :P )
apa perlu belajar hukum untuk tau masakan ini legal apa kagak ??:P
ilmu akuntansi supaya aliran bahan-bahan yang masuk-keluar kulkas dipergunakan dalam keadaan yg optimal :P


waw, bisa dijadiin 1 jurusan sendiri kn, masak2 itu :P


ga perlu nonton film cina tentang masak-masak kan ???
dimana makanan bisa tiba2 bersinar????
ngejreeeeeeeeeeeeeeeeng :P
sekali dicicipi bisa mbuat orang melayang kemana2....:D
okay, makanan bisa ngubah perasaan orang ( dari laper jadi kenyang :P )
tapi kayaknya ga segitunya dech....
klo sampe bilang mak nyus sich
dapat dimengerti lah



yang ingin aku katakan adalah
aku akan sangat menghargai orang yg pandai masak makanan begizi
( hehehe, mau mengatakan, masakan ibuku bisa mengantarkan 6 orang anaknya jadi sarjana semua ??? :P )
aku sadar walo banyak cowo yg pandai masak,
(tapi tolong sadarilah wahai wanita, kalo masak itu kodrat nya wanita :D okay??? )



hai calon istri
kamu dah bisa masak blom ?
:)



2 comments:

Author said...

nanya ke 'anak kecil' yang di postingan sebelumnya ya van? hueheheheeee..

btw, gini deh ribetnya anak itebe masak.. dari getah sampe reaksi kimianya ikutan diitung *garuk2 kepala*

Novan Firmansyah said...

ga kudu dihitung sich....
tapi at least kita kudu tau, bahan ini klo di campur ini lalu diginiin akan jadi apa ???

klo masak-masak jadinya TriNitroToluena kan ga lucu....